oleh

Sempat Lahan Tak Terkelola, Gubernur Sulut Turun Tangan Bantu Petani Olah Lahan Sawah Untuk Percepatan Tanam

Kabartujuhsatu.com, Minahasa (Sulut) – Keadaan negara saat ini tengah menghadapi babak baru pandemi corona, dampak ekonomi masih terasa untuk banyak masyarakat termasuk bagi yang menggeluti bidang pertanian, berbagai kebijakan baru diterapkan pemerintah untuk membuat ekonomi berputar kembali, diantaranya aturan new normal, aturan yang mengatur aktivitas masyarakat diluar rumah dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Walaupun dalam kondisi pandemi covid-19, pejabat daerah beserta jajarannya secara langsung harus memastikan ketersediaan pangan di daerahnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pangan nasional aman dan terkendali dengan baik,” ucap Mentan Syahrul Yasin Limpo.

“Sektor pertanian di Kabupaten Minahasa terkena dampak dari pandemi covid-19 sehingga ada sekitar 430 Ha yang berada di dua Kecamatan tidak terolah lagi oleh petani, sehingga pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengambil inisiatif membantu petani,” terang Berty Kasenger yang merupakan Ketua P4S Anugrah yang juga Ketua KTNA Kakas Barat.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondonkambey langsung turun tangan membantu petani mengolah lahan sawah untuk percepatan tanam. Lokasi perdana dilaksanakan di lokasi kelompok tani Pinasungkulan Desa Tuon Timomor Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa.

Diharapkan dengan arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo yang mengintruksikan agar segera menanam kembali setelah panen dan tidak membiarkan adanya lahan yang menganggur dan Pengawalan dari Gubernur Sulawesi Utara sebagai penentu kebijakan di daerah bisa mengembalikan kondisi perekonomian masyarakat petani di Kabupaten Minahasa yang terdampak dari pandemi corona.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Badan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa “Kepada seluruh pelaku pertanian agar roda pembangunan senantiasa tetap bergerak untuk dapat mempertahankan ketersediaan pangan di Negara tercinta ini”. (Iqbal/BBPP-BK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed