oleh

Begini Cara Kades Timusu Hadapi New Normal

Kabartujuhsatu.com, Soppeng (Sulsel) – Pemerintah Desa Timusu di bawah kepemimpinan Kepala Desa Firdaus, S.Sos berbagai hal yang di lakukan dalam mencegah penyebaran virus Corona di tengah pandemi termasuk kesiapan desanya menuju new normal seperti yang di lakukan kali ini dengan inovasinya membuat ruang isolasi sebagai bukti keseriusannya dalam persiapan menuju kehidupan baru atau lebih di kenal new normal Selasa (23/6/2020).

Ruang isolasi ini di peruntukkan bagi warga pendatang yang masuk ke wilayah desanya jika mereka tidak dapat melakukan  isolasi mandiri di rumahnya atau  karena mungkin tidak memiliki rumah sendiri dan atau ada faktor lain maka ruang isolasi tersebut  menjadi alternatif untuk mencegah penyebaran virus Corona, jelas Firdaus.

Rumah isolasi ini di lengkapi dengan ruangan dan sarana tempat tidur lipatan bahkan dalam rumah isolasi tersebut juga terlihat lumbung pangan yang di dalamnya tersedia beberapa karung beras sebagai hasil swadaya masyarakat dari program jempitan keluarga yang di kelola oleh dasa wisma TP PKK, yang nantinya beras ini di peruntukkan bagi warga penghuni ruang isolasi maupun warga masyarakat miskin yang membutuhkan atau kekurangan pangan.

Ruang isolasi dan lumbung pangan ini di persiapkan semuanya dalam rangka menuju new normal sebab dalam penanganan covid 19 untuk mencegah pencebarannya dengan memfungsikan ruang isolasi tentu harus di persiapkan fasiltas baik sarana ataupun pangannya, tandas Firdaus.

Dijelaskannya bahwa, “Hidup ini terus berjalan sementara wabah virus Corona belum di ketahui kapan berakhirnya maka di butuhkan persiapan dan tentu kita akan memasuki fase kehidupan baru (kebiasaan baru) yang sebelumnya kebiasaan- kebiasaan sebelum ada pandemi Covid 19 tidak biasa kita lakukan, namun saat new normal menjadi wajib kita lakukan seperti Cuci tangan sebelum masuk rumah atau beraktifitas, memaakai masker bila kita berpergian atau berada ditempat umum.

Dalam menuju new normal ini pihak Pemerintah Desa Timusu juga telah meminta kepada warganya, agar setiap rumah wajib memiliki tempat Cuci Tangan yang dilengkapi dengan sabun, harus memiliki masker dan pemanfaatan pekarangan rumah warga untuk tanaman sayur dan buah-buahan yang bergizi tinggi dalam rangka peningkatan gizi dan sistem imun masyarakat atau dalam rangka ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi, ujar Firdaus.

Dikatakannya, sampai saat ini umumnya rumah di Timusu sudah memiliki tempat cuci tangan, begitupun dengan masker, karena Pemerintah Desa sudah melakukan program bagi- bagi masker kepada warga, tutur Firdaus.

“Kini juga sarana wisata lokal yang ada di wilayah desa timusu, sudah dipercantik termasuk taman Desa dan Wisata Mancing Cekdam, ini semua bertujuan agar masyarakat tidak terlalu jenuh berada dikampung sehingga di perasaan mereka diyakini selalu tercipta suasana nyaman bila memasuki Desa’Timusu bahkan sebagai lokasi olah raga senam bagi warga.

Demikian pula di wilayah desa timusu kebersihan lingkungan tetap terus terjaga yang di lengkapi armada mobil sampah, begitu pula saat ini telah tersedia Mobil kendaraan Desa Siaga Sitiroang Deceng yang setiap waktu siap di fungsikan bila diperlukan. pungkas Firdaus Kades Timusu Kecamatan Liliriaja. (Red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed