oleh

Optimalkan Hasil Produksi, Poktan Suka Bina Kab. Tojo Una-Una Panen Raya Dengan Alsintan

Kabartujuhsatu.com, Tojo Una Una (Sulteng) – Ketersediaan pangan di segala kondisi untuk seluruh masyarakat Indonesia merupakan tanggung jawab Kementerian Pertanian.

Hal itu jawab oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dengan terus meningkatnya hasil produksi pertanian utamanya produksi pangan. Sesuai arahan beliau bahwa Insan pertanian harus terus aktif bergerak dan tidak berhenti dalam mengawal ketersediaan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Badan SDM pertanian Dedi Nursyamsi bahwa agar seluruh pelaku pertanian senantiasa bergerak untuk mempertahankan persediaan pangan di negeri ini.

Untuk mengimplementasikan arahan Menteri Pertanian tersebut BPP Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una melaksanakan panen raya padi dengan varietas Inpari 30 dengan luas lahan panen 33 hektar dengan alsintan yaitu combine harvester dari UPJA Sivia Patuju. Hasil panen hari ini  (18/6/2020) adalah 5,2 ton GKP per hektar dengan harga jual Rp. 9.500/kg.

“Penggunaan alsintan berupa combine harvester sengaja di lakukan oleh petani dalam hal ini Poktan Suka Bina karena untuk mengurangi kehilangan hasil yang biasa terjadi apabila menggunakan cara tradisional, selain itu juga untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja yaitu dengan mengurangi kerumunan dalam kegiatan panen,” demikian ungkap Herlina Pandi PPL BPP Taya (BBPP-BK).

Penulis : Intan Ariani/Rosdiana
Editor : Al Az
Sumber : Herlina Pandi (Penyuluh BPP Taya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed