oleh

Manfaatkan Pekarangan Untuk Sarana Belajar dan Memenuhi Kebutuhan Gizi Keluarga

Kabartujuhsatu.com, Polman (Sulbar) – Pandemi corona telah memaksa masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah.

Hal ini tidak menyurutkan semangat Ngatitem, seorang wanita tani dari Kabupaten Polman, Sulawesi Barat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan menjalankan perannya sebagai wanita tani.

Selain membudidayakan padi di sawah, pekarangan menjadi lahan yang bisa dimanfaatkan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan menjadi sarana memperkenalkan dunia pertanian kepada anak dan cucunya.

“Adanya kegiatan belajar di rumah yang membuat cucu saya mempunyai banyak waktu senggang, sehingga saya berusaha memperkenalkan dunia pertanian kepadanya. Mulai dari bagaimana cara menanam dan manfaat dari sayur yang kami tanam,” ungkap Ngatinem. Senin (18/5/2020).

“Berbagai jenis sayuran kami tanam di pekarangan seluas kurang lebih 500 m2, seperti kangkung, kacang panjang, terong dan bayam, ” imbuhnya.

Pemanfaatan pekarangan untuk pertanian merupakan salah satu program Kementerian pertanian yang tengah digalakkan yaitu Pekarangan untuk Ketahan Pangan.

Sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo “ Dimasa Pandemi covid-19 seperti ini, ayo kita tingkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga” arahnya.

Hal ini diperkuat dengan instruksi Kepala Badan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi agar seluruh insan pertanian selalu menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya sehingga badan sehat dan selalu bisa beraktivitas sesuai tugasnya.

Dalam kegiatan pemanfaatan pekarangan di Desa Bumi mulyo, Kecamatan Wonomulyo, selain dibimbing oleh penyuluh pertanian, petani juga mendapatkan dorongan semangat dari Babinsa.

“Menjadi bagian dari masyarakat dan ikut menjaga ketahanan pangan merupakan tugas negara yang menghasilkan pahala jariyah” ungkap Supropto.  (BBPP-BK).

Penulis : Intan Ariani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed